Pages

Sabtu, 23 Februari 2013

Sejarah Pesawat Terbang

  Halooo :D kali ini bebek mau share tentang sejarah pesawat terbang ..
nggak tau kenapa tiba-tiba bebek ngefans banget sama yang namanya pesawat (?)
*mungkin gara-gara bebek nggak bisa terbang

   Semua penjelasan ini bukan hasil copy-paste lho ya.. Bebek hanya mengumpulkan informasi. Paling banyak informasi pada artikel berikut ini diambil dari majalah Bobo tahun 2009 ( yang mungkin para readers ada yang belum baca ), sama sedikit dari wikipedia. Yang lain itu hanya yang sepengetahuan bebek aja.

Udah ya.. langsung aja yuk,,


Dari layang-layang sampai pesawat terbang..
 
 Sejak abad ke-6. orang sudah punya angan-angan untuk terbang. Bermacam cara pun mereka lakukan untuk mewujudkan angan-angan itu. Percaya deh, setelah readers membaca ini, readers akan tahu bahwa manusia dulu sebenarnya sangat ingin terbang. Ingiiin sekali. Dulu manusia memperhatikan bagaimana cara burung terbang, lalu menirukannya dengan berbagai alat-alat yang mereka temukan.

 Ini dia usaha-usaha yang pernah dilakukan manusia :

     Abad ke-6
   Di Cina, tahun 559. Pangeran Yuan Huangtou diterbangkan dengan layang-layang. Jadi pangerannya diikatkan di layang-layang gedhe gitu, terus diterbangkan dari puncak menara dan berhasil menyeberangi tembok kota. Pangeran Yuan berhasil mendarat dengan selamat. *Kalau jaman sekarang itu sama dengan uji nyali, mungkin.

    Abad ke-9
   Abbas Ibnu Firnas melakukan percobaan terbang dari menara Masjid Raya di Cordoba, Spanyol, tahun 852. Dia terbang menggunakan sayap yang meniru sayap burung. * Jadi keinget Spongebob waktu pengen terbang pake saya kelelawar :D. Namun sayangnya percobaannya gagal. Ibnu Firnas jatuh. Untung saja ia melengkapi diri dengan baju khusus. Baju itu menahan laju jatuhnya. Nah, baju khusus itulah yang menjadi cikal bakal 'parasut'.

   Tahun 875, Ibnu Firnas melakukan percobaan lagi. Kali ini, dia menggunakan pesawat terbang layang. Dia meluncur dari gunung yang waktu itu disebut Jabal al'Arus. ( yang sekarang disebut Mount of the Bride).

   Ibnu Firnas dapat terbang, memutar, dan kembali ke tempat dia meluncur. Sayang, dia gagal mendarat dan jatuh. Kali ini, Ibnu Firnas mengalami cedera punggung yang parah.

    Abad ke-15
Leonardo self.jpg   Pada tahun 1496, Leonardo da Vinci mereka-reka beberapa bentuk pesawat. Dia menuangkannya dalam sketsa. Sayangnya tidak ada bukti sejarah yang memberitakan bahwa Da Vinci berusaha mewujudkan rancangannya.

   Readers, pada tau Leonardo da Vinci kan ? Yup, Da Vinci adalah seorang seniman Italia, arsitek, musisi, dan penulis. *setahu saya. Da Vinci berperan banyak dalam banyak bidang. Salah satunya pembuatan sketsa kapal terbang.
Lukisan yang terkenal dari Da Vinci adalah Mona Lisa dan 'Jamuan Terakhir'.

   Da Vinci itu juga seorang ilmuwan loh! Dia membuat sketsa tentang gambar rancangan kapal terbang atau yang biasa disebut dengan pesawat. Dia juga menggambar sketsa 'cara terbang burung'. Kesimpulan yang Da Vinci dapat dari semua penelitiannya, dia menemukan hubungan besar kecilnya sayap dengan berat badan manusia. Meskipun buka karena teori ini manusia bisa terbang, namun dia memberi beberapa petunjuk cara terbang burung.

   Sebenarnya Da Vinci juga meneliti cara ikan-ikan bergerak dan berenang.*Jadi keinget admin Piswii.
Dari hasil penelitiannya itu, dia membuat lima buah sketsa dari kapal.*Tapi kapal belum/tidak ada hubungannya dengan artikel ini, jadi lewati aja dulu ya.

    Abad ke-17
   Pada tahun 1630-1632 di Turki, Hezafen Ahmad Celebi mengendarai pesawat terbang layangnya menyebrangi Bosporus. Dia melompat dari menara Galata ( yang tingginya 55 meter *bayangkan ) di Istabul, Turki. Ahmad Celebi berhasil terbang sejauh 3 km dan mendarat dengan selamat. 
  Kalo dihitung-hitung, jaraknya jauh sekali lho readers. 3 km itu sama dengan kurang-lebih jarak sekolah bebek dari rumah.*Gak ada yang tanya, abaikan.

    Abad ke-18
  Tahun 1783 di Paris, JeanFranc ois Pilate de Rozier & Franc ois Laurent d'Airlandes (susah namanya -_-) terbang menggunakan balon udara yang pertama. Mereka terbang menempuh jarak 8 km.*hebat!.
 Balon udara ini ditemukan oleh Montgolfier bersaudara. Tenaganya menggunakan kayu bakar. Balon ini tidak ada kemudinya. Jadi dia bergerak tergantung ke mana angin bertiup. Untuk menurunkan balon, mereka mengatur api balon udara tersebut.

    Abad ke-19
 Montgomery menyempurnakan rancangan pesawat terbang layang yang pernah dibuat para pendahulunya seperti Ibnu Firnas dan Ahmad Celebi. Dia melengkapi dengan alat pengendali, tidak seperti balon udara yang sebelumnya, tidak ada pengendalinya.
Montgomery melakukan penerbangan pada 28 Agustus 1883 dengan lancar dan selamat.
Inilah awal kemajuan dari pembuatan pesawat.


    Abad ke-20
   Pada abad ini,Wright bersaudara, berhasil membuat pesawat bermesin yang pertama. Pesawat ini berhasil dibuat setelah mereka melakukan percobaan yang gagal ratusan kali. Konon, mereka telah menguji coba 200 jenis sayap untuk mencari sayap pesawat terbaik untuk terbang.
   
 Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat.

  Bukan main perjuangan mereka untuk membuat pesawat bermesin. Mereka mencoba penerbangan pesawat lebih dari 100 kali untuk menemukan pesawat yang tepat dan benar-benar siap untuk digunakan manusia ! 

  Sampai sini ya artikelnya, pengetahuan bebek tidak luas-luas banget. Mohon maaf kalau ada kesalahan di artikel ini. Bebek sarankan, kalau buat tugas sekolah atau sejenisnya, kalau mau copas mohon dipindai dulu, soalnya ada kata-kata yang nggak perlu di artikel ini..
  

0 comments:

Posting Komentar